Etika Memposting di Internet

Seiring dengan kemajuan atau perkembangan alat komunikasi manusia, User internet bertambah secara sporadis, instan, tanpa melalui suatu pengantar bagaimana beretika di dunia maya. Sama dengan dunia nyata, dunia maya pun punya etika, kenapa demikian ?, karena dengan etika tersebut, kita bisa memahami bagaimana saling menghormati sesama user. Nah untuk itu saya akan memposting beberapa etika memposting di internet yang saya tahu :

1. Hendaknya informasi yang kita kirimkan adalah yang benar, dibutuhkan dan untuk umum
Ada banyak informasi yang ada disekeliling kita, sebagian informasi tersebut ada yang benar, meragukan atau salah sama sekali. Seorang yang mendakwahkan Islam harusnya memberikan informasi ketika dia telah memastikan kebenaran informasi ini, dan tidak menyampaikan informasi yang belum jelas kebenarannya sehingga akan mengundang mudharat. Bila perlu, ia mencantumkan sumber dan link yang bisa dibuka untuk informasi-informasi yang sensitif. Sehingga dengan adanya hal seperti ini kita terhindar daripada fitnah dan menggunjing, serta merugikan orang/kelompok lain.

2. Menghindari menyebarkan berita yang mengundang mudharat
Yang paling banyak kita temukan dalam posting di dunia maya adalah orang dengan niat yang baik dalam memberikan informasi, namun dia tidak sadar bahwa perbuatannya itu malah mengundang mudharat. Misalnya dengan posting:

“Teman-teman sekalian, ada situs yang sangat menghina Islam disini: http://www.linknya-dipaste-lagi.com, kita harus mengambil langkah terhadap penghinaan ini!”.

3. Tidak bersikap lemah, membuka aib diri sendiri ataupun orang lain dalam menyampaikan informasi
Saya rasa tulisan menyangkut masalah ini sudah banyak dibuat, begitu banyak tulisan yang bernada lebay, melo (melankolis) yang tidak seharusnya ditampilkan di posting. Ataupun posting yang membuka aib pribadi dan hal-hal privat yang harusnya tidak ada di ruang publik. Sehingga hal itu bisa mengundang fitnah kepadanya.

4. Ejaan Yang Benar

Komunikasi di internet kebanyakan menggunakan tulisan, jadi diharapkan menggunakan huruf atau ejaan yang benar agar mudah di mengerti oleh pembaca

5. Hindari Capslock

Penulisan menggunakan Capslock untuk menulis semua huruf sebaiknya di hindari, karena hal tersebut menyimbolkan bahwa kita sedang marah. Capslok pada komunkasi tertulis sama saja dengan membentak atau berteriak. Maka hindarilah.

6. Jangan kirim spam

Spam ini iklan secara terus menerus, memposting link, atau bahkan mengirim virus, serta data tidak penting lain. Kamu bisa di-banned atau ”report as spam”.

7. Bersikap bijak

Cobalah untuk bersikap sebijak mungkin, dalam mengunggah profil diri, berbagi informasi, dan bersikap kepada sesama user internet. Pahami apa yang kira-kira layak atau tidak. Jangan terburu emosi saat kita memosting sesuatu. Tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan apa yang layak di-share atau tidak.

8. Jadilah dirimu sendiri

Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang lain. Ini akan merugikan diri sendiri. Jadilah dirimu sendiri, tanpa perlu membuka semua informasi pribadimu.

9. Copy Paste 
Seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel saya sebelumnya. Apabila kita melakukan kegiatan CTRL C + CTRL V ini, kita wajib memasang sumber artikel terkait.
10. Font 
Kita harus mengatur font tulisan kita. Ini lah hal yang paling sulit menurut saya. Disini membutuhkan ketelitian dan kecermatan serta jiwa seni yang cukup besar. Dalam penulisan yang baik, font harus diatur sedemikian rupa. Misalnya Bold, bold sebaiknya digunakan untuk menandai kata-kata yang penting misalnya sub judul dll. Sekali lagi saya sarankan anda untuk mengintip blog prefesional dalam pengaturan font web anda.
11. Jangan kirim email tengah malam

Hormatilah user lain, sebab mengirim email itu sama dengan menelepon. Tentu kamu tidak suka kan jika tengah malam diganggu dering telepon atau notifikasi tanda email masuk? Kesannya tidak menghormati privasi orang.

sumber :1.  http://ictwatch.com/internetsehat/2012/06/04/10-poin-netiket-etika-di-internet/

2. http://www.irfansays.com/2012/03/kaidah-atau-peraturan-posting.html

3. http://felixsiauw.com/home/etika-dakwah-dunia-maya-2-etika-posting-dan-bersikap/

By Vandi Adi Nugraha

Tinggalkan komentar